Liga 1 Sudah Siap Dipimpin Wasit Asing

Sabung Ayam Jago S128 - Liga 1 Sudah Siap Dipimpin Wasit Asing

Sabung Ayam Jago S128 – PSSI sudah memastikan bahwa mereka akan segera memakai wasit asing di babak kedua Liga 1. Namun meski begitu, peraturan itu juga bukan untuk keseluruhan pertandingan. Ada beberapa pertandingan tertentu yang akan menjalani sistem wasit asing ini.

Keluhan dari klub Liga 1 yang terkait dengan wasit sedikit dilewatkan. PSSI telah memastikan bahwa pihaknya telah memperoleh wasit asing dari Australia dan Kyrgyzstan, yang terdiri dari dua wasit utama dan empat asisten wasit.

Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha, wasit asing tidak akan bertugas setiap pertandingan. Mereka hanya akan memimpin dua pertandingan di setiap periode. Periode pertama adalah 2-15 Agustus, 14 hari kedua kemudian, dan menghitung 14 hari untuk periode berikutnya

“PSSI dan PT LIB telah menetapkan masa penggunaan wasit asing. Jadi jangka waktu pemakaiannya sampai akhir kompetisi. Tapi kami membagi cut off per dua minggu. Jadi dua minggu sekali akan ada wasit asing yang datang dan itu akan bergiliran,” ujar Tisha kepada Sabung Ayam Jago S128 Tribun855.

“Seorang wasit asing akan memimpin dua pertandingan dalam satu periode. Namun jika pertandingan solid bisa memimpin tiga pertandingan. Misalnya, jika setiap hari ada pertandingan, maka ada dua pertandingan dalam seminggu. Lalu laga yang mana akan dipilih? Itu akan kami pilih. Namun kami masih membahas LIB yang mengatakan tidak akan meninjau wasit hingga pertandingan H-1,” lanjut wanita yang berusia 32 tahun tersebut.

[Ingin Main Sabung Ayam? Daftar disini Sabung Ayam Online]

[Baca juga : Bellerin Tak Nyaman dengan Formasi Baru]

Meski sudah mengkonfirmasi asal wasit asing yang akan bertugas di Liga 1, Tisha tidak bisa menyebutkan namanya. Namun, sudah dikonfirmasi bahwa nama-nama pekerja asing yang sudah di imigrasi harus mengurus izin kerjanya.

Wasit asing ini juga tidak hanya bertugas memimpin pertandingan. Mereka diharapkan untuk berbagi pengalaman dengan wasit lokal saat mereka tidak bertugas. Jadi dengan ini standar wasit di Indonesia bisa pelan-pelan naik ke kancah Internasional. Karena sesuai peraturan FIFA, seorang wasit harus punya standar khusus untuk bisa memimpin laga di momen yang besar.

“Wasit asing tidak hanya menjadi hakim, tapi juga akan menjadi panutan dalam lapangan nanti. Wasit asing bisa berbagi pengalaman mereka berdasarkan kasus per kasus, karena terkait dengan budaya. Dari segi budaya setiap negara dalam pertandingan sepak bola tentu harus di pelajari,” pungkas Tisha.

Sabung Ayam Jago S128 – Liga 1 Sudah Siap Dipimpin Wasit Asing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *